Games Bermakna Untuk Siswa - Hardy Math

Wednesday, July 13, 2016

Games Bermakna Untuk Siswa

KUIS 1 :
“MENUNJUKKAN RASA TANGGUNG JAWAB”


Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1.       Bacalah pernyataan berikut ini. Berilah tanda cek (√) pada kolom yang sesuai dengan keadaan anda!
2.       Jumlahkan nilai dalam kolom. Daftar berikut ini menunjukkan rasa tanggungjawabmu dan gunakan untuk menganalisi dirimu, serta memperbaikinya, lingkari bidang tanggungjawab yang ingin kamu tingkatkan lebih dulu!

NO
PERNYATAAN
PENILAIAN
1
2
3
4
1
Saya bersalaman dan mencium tangan ayah dan ibu saat akan pergi ke sekolah




2
Saya berusaha tepat waktu dalam segala hal




3
Saya mentaati tata tertib sekolah




4
Saya tertib di jalan raya




5
Saya suka membantu orang lain, selama dalam kebaikan




6
Saya dapat mengendalikan diri bila marah




7
Saya berani minta maaf apabila bersalah




8
Saya peduli terhadap lingkungan




9
Saya merencanakan masa depan saya




10
Saya membuang sampah pada atempatnya




11
Saya rajin belajar dirumah dan di sekolah




12
Saya menghindarkan diri dari merokok,minum-minuman keras dan narkoba




13
Saya makan dengan teratur




14
Saya berolahraga secara teratur




15
Saya mandi sehari dua kali




16
Saya peduli terhadap lingkungan




17
Saya pandai mengendalikan diri




18
Saya selalu meminta ijin apabila meminjam barang teman




19
Saya tidak menjuli teman lain dengan julukan yang aneh-aneh




20
Saya tidak suka berkata kotor dengan menyebut nama binatang tertentu






Keterangan:
1.       Tidak pernah
2.       Kadang-kadang
3.       Seringkali
4.       Selalu

Penjelasan:
Nilai 60 – 80         = BAIK
Selamat, anda sudah mempunyai rasa tanggungjawab. Pertahankan selalu apa yang sudah menjadi kebiasaan anda

Nilai 40 – 59         = SEDANG
Anda sudah cukup baik. Ada beberapa hal yang harus anda meningkatkannya

Nilai 39 kebawah = KURANG
Anda mempunyai tanggungjawab yang kurang. Tapi jangan kecewa. Masih banyak waktu untuk memperbaiki. Tingkatkanlah semua tanggungjawab anda. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asal kita mau berusaha



KUIS 2.
“SEBERAPA PERCAYA
DAN DIPERCAYAKAH ANDA ?”

Petunjuk:
·         Dibawah ini adalah pertanyaan tentang sikap anda dalam kelompok
·         Jawablah dengan jujur
·         Tidak ada jawaban benar atau salah
·         Sangat penting bagi anda untuk menggambarkan sikap anda seakurat mungkin
·         Lingkari pilihan anda 1 sd 7
·         Rentang jawaban antara 1 (saya tidak pernah bersikap seperti itu dan 7 (saya selalu bersikap seperti itu)
Ø  7  : saya selalu bersikap seperti itu
Ø  6  : saya hampir selalu bersikap seperti itu
Ø  5  : saya jarang bersikap seperti itu
Ø  4  : saya agak jarang bersikap seperti itu
Ø  3  : saya kadang-kadan bersikap seperti itu
Ø  2  : saya sangat jarang bersikap seperti itu
Ø  1  : saya tidak pernah bersikap seperti itu
      Ketika saya anggota kelompok
No
Pernyataan
Pilihan
1
Dalam diskusi kelompok saya senang memberi opini, ide, faktadan informasi yg relevan untuk memperlancar kelompok
1     2     3     4     5     6     7
2
Saya suka bekerjasama dg kelompok & yakin anggota kelompok lainnya suka bekerjasama dg saya
1     2     3     4     5     6     7
3
Saya bersikap jujur & terbuka dalam kelompok
1     2     3     4     5     6     7
4
Saya akan membantu anggota kelompok lainnya aktif dlm diskusi kelompok
1     2     3     4     5     6     7
5
Saya menyimpan ide, pikiran, perasaan & reaksi selama diskusi kelompok
1     2     3     4     5     6     7
6
Saya menilai keterlibatan anggota kelompok lain, apakah masukannya bermanfaat atau tidak dan apakah mereka benar ataukah tidak
1     2     3     4     5     6     7
7
Saya berani mengambil resiko dalam mengekspresikan gagasan baru dan perasaan yg. muncul selama siskusi kelompok
1     2     3     4     5     6     7
8
Saya berkomunikasi dg anggota kelp lainnya & menyadari serta menghargai kemampuan, bakat, kecakapan, ketrampilan dan sumber-sumber yg dimiliki
1     2     3     4     5     6     7
9
Saya sering menawarkan bantuan & bimbingan untuk meningkatkan prestasi anggota
1     2     3     4     5     6     7
10
Saya menerima dan mendukung keterbukaan anggota kelompok lain dan memberi dukungan kepada mereka untuk mengambil resiko & memberi dukungan secara individu
1     2     3     4     5     6     7
11
Saya berbagi materi, buku, dan sumber-sumber informasi atau lainnya yg saya punya dg anggota lain untuk mendukung kesuksesan semua anggota dan kelompok secara keseluruhan
1     2     3     4     5     6     7
12
Saya sering meringkas apa yg dikatakan anggota lain sblm saya memberi komentar & merespons
1     2     3     4     5     6     7
13
Saya berterus terang dengan anggota kelompok lainnya.
1     2     3     4     5     6     7
14
Saya mendukung semua anggota kelompok untuk ikut serta dan memberi masukan memperlihatkan penerimaan dan keterbukaan terhadap gagasan dan secara umum bersikap responsif dan bersahabat
1     2     3     4     5     6     7

Memberi nilai kuesioner
Jumlahkan nilai yg kamu peroleh khusus no. yg berbintang (5 dan 6) baliklah penilainnya. Misalkan soal no 5 kamu melingkari pilihan 2 berarti nilainya menjadi 6, demikian halnya misalkan soal no 6 melingkari 1 berarti nilainya 7.






No Soal
Nilai
2

4

6

10

12

14

Jumlah


 
 


No Soal
Nilai
1

3

5

9

11

13

Jumlah


DAPAT DIPERCAYA
(Penerimaan dan Dukungan)
 




·         Jika dari dua kolom diatas ( sikap mempercayai dan dapat dipercaya) masing-masing memperoleh skor 35 atau lebih, selamat kategori diri anda sebagai orang-orang yang percaya dan dapat dipercayai.
·         Jika anda memperoleh niali dibawah 35, maka anda orang yang curiga dan tidak dapat dipercaya.



KUIS 3.
SEBERAPA DALAM JALINAN
PERSAHABATAN ANDA”

Jawablah beberapa pertanyaan / pernyataan di bawah ini dengan memberi tanda X pada jawaban yang sesuai dengan kondisimu :
1.       Kalau kamu hitung, berapa jumlah sahabatmu ?
a.        satu saja                                                        c.     2 sampai 3
b.       lebih dari 10                                                d.     tidak punya
2.       Sahabatmu sedang ada masalah. Dia minta kamu bohong sedikit agar dia selamat. Kamu :
a.        Tidak mau, itu dosa
b.       Menolak secara halus dan kamu membantu menyelesaikan masalahnya dengan cara lain.
c.        Pura-pura tidak mendengar keluhan temanmu, memangnya kamu apaan disuruh berbohong.
3.       Kamu minta maaf ke sahabatmu :
a.        Sering
b.       Pernah
c.        Tidak pernah, soalnya tidak merasa bersalah
4.       Bisakah kamu bersahabat dengan seseorang yang kumuh dan kuper ?
a.        Bisa
b.       Tidak bisa
c.        Saya pikir-pikir dulu
5.       Sahabatmu ingin pinjam baju putihmu yang baru dan keren itu. Kamu :
a.        Keberatan
b.       Boleh, dengan janji dia tidak merusak baju itu
c.        Oke, saja, kan dia sahabat
d.       Boleh saja agar kamu tukar pinjam sepatunya
6.       Menurutmu perempuan itu :
a.        Saling dengki
b.       Bisa bersahabat lama kalau saling menguntungkan
c.        Baik hati dan penuh pengertian
d.       Tidak sebaik laki-laki kalau bersahabat
7.       Dibanding sahabatmu, kamu :
a.        Lebih sering memberi
b.       Lebih oke dan ngetop
c.        Mendapatkan apapun yang saya mau
8.       Sahabatmu lagi gandrung sama “si Jenius” yang kamu tahu tidak baik akhlaknya. Kamu :
a.        menutupi hal itu agar sahabat tidak kecewa
b.       bilang si jenius itu memang oke
c.        bilang tidak akan bisa kompak dengan si jenius karena bukan tipe sahabat sejati
d.       terus terang bilang apa adanya demi sahabat
9.       Ketika kamu lagi ngobrol dengan teman lain, sahabatmu jadi bahan gosip atau dijelek-jelekkan oleh temanmu. Kamu :
a.        lapor pada sahabat tentang hal itu
b.       membela sahabat dan menegur teman
c.        mendengarkan saja tanpa ada reaksi apa-apa
10.    Kamu tidak pernah :
a.        membicarakan teman
b.       membocorkan rahasia teman
c.        mengharapkan yang jelek tentang teman
d.       tidak peduli pada teman
e.       bohong pada teman
f.         mengambil kegiatan teman
11.    Kamu sudah janji mengantar sahabatmu ke rumah ustadzahnya. Tetapi adikmu marah minta diantar beli buku. Kamu :
a.        membatalkan janji dengan sahabat, lalu pergi ke toko buku dengan adik tersayang.
b.       bilang terus terang dan menawarkan hari lain
12.    Menurutmu apakah persahabatan yang abadi tidak pernah retak ?
a.        memang
b.       siapa bilang ?
13.    Menurut sahabatmu, kamu itu :
a.        selalu bergantung pada orang lain
b.       gampang tersinggung
c.        berani
d.       oke banget
e.       sumber inspirasi
f.         punya banyak saran yang bagus-bagus
g.        gampang cemas
h.       mau menang sendiri
i.         setia
j.         lucu
k.        cerdas
l.         baik hati
m.      suka dengki
n.       simpatik
14.    Kalau kamu sedang ngobrol dengan sahabatmu, kamu sering cerita :
a.        tentang diri sendiri sekaligus masalah-masalah sendiri
b.       tentang kita berdua
c.        tentang diri sendiri kadang-kadang tentang sahabat
15.    Menurutmu, sebagai seorang sahabat, kamu :
a.        seorang pendengar yang baik
b.       suka bercanda
c.        teman jalan-jalan yang oke
d.       rekan kegiatan yang gesit
16.    Diluar dugaan, sahabatmu jatuh sakit. Sedangkan ada beberapa tugasnya yang harus diselesaikan. Kamu :
a.        mengambil alih tugas sahabat
b.       melimpahkan tugas sahabat kepada teman yang lain
c.        biarkan saja diselesaikan sahabat setelah ia sembuh karena saya sibuk
17.    Kamu kadang tidak punya waktu buat sahabatmu. Karena kamu :
a.      sibuk berat                 d.   terlalu ngetop
b.     capek sekali               e.   tidak cocok sama dia
c.      suka bosan                 f.    punya kesibukan dan waktu yang berbeda
18.    Kamu telepon atau ngobrol dengan sahabatmu :
a.        belasan kali sehari
b.       paling sehari sekali
c.        sebulan sekali

A.        Hitung SKOR Jawabanmu dengan ketentuan sebagai berikut :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
a   :   7
a   :   4
a   :   10
a   :   10
a   :   1
a   :   4
a   :   5
a   :   1
a   :   5
b  :   10
b  :   10
b  :   8
b  :   0
b  :   5
b  :   1
b  :   0
b  :   0
b  :   10
c   :   2
c   :   10
c   :   4
c   :   5
c   :   10
c   :   10
c   :   10
c   :   5
c   :   0
d   :   0



d   :   0
d   :   0

d   :   0
10.
Kalau kamu menjawab semua, nilai 10
4-5, nilai 6
1-3, nilai 1
11.
12.
a   :   0
a   :   0
b  :   10
b  :   10


13.
b, d, g, h, dan m = 0, lainnya = 5
14.
15.
16.
17.
18.
a   :   0
a   :   10
a   :   10
a   :   4
a   :   5
b  :   10
b  :   1
b  :   5
b  :   3
b  :   10
c   :   5
c   :   3
c   :   0
c-e   :   0
c   :   1

d   :   6

f   :   10

Jumlahkan nilaimu !

 


Skore jawaban :

ANALISIS PEROLEHAN JUMLAH SKOR

Bila jumlah Skor anda antara 170 - 220
Kamu punya rasa setia kawan yang dalam pada sahabatmu. Benar-benar sahabat sejati yang bisa dipercaya dan diandalkan. Kamu tulus dan terus terang pada sahabatmu. Sikapmu simpatik, baik hati dan menyenangkan. Makanya sahabatmu sangat menghargai dan sayang padamu.

Bila jumlah Skor anda antara 100 - 168
Kamu sahabat yang baik tetapi terkadang rasa setia kawanmu bisa terombang-ambing oleh situasi. Padahal, kamu cukup menyenangkan dan setia pada sahabatmu itu, Cuma kadang-kadang kamu memanfaatkan persahatanmu itu untuk hal-hal yang menguntungkan dirimu sendiri. Artinya kamu bersahabat karena azas manfaat. Kalau sudah begitu persahabatanmu tidak lagi dinilai sebagai ibadah dan yang pasti cepat atau lambat persahabatanmu akan retak. Niat ingin bersahabat karena menguntungkan ini harus dibuang jauh-jauh. Soalnya pikiran ini produk individu kapitalis.

Bila jumlah Skor anda antara 50 - 96
Kamu seorang teman yang baik tetapi untuk jadi sahabat, nampaknya ada beberapa hal yang menyulitkan. Pasalnya kamu kurang percaya pada orang lain apalagi untuk berterus terang, berbuka hati dengan seorang teman. Kamu kelewat introvert (tertutup). Ada jarak yang kamu buat sendiri setiap kamu mau berbaur dengan teman agar bisa jadi seorang sahabat sejati.

Bila jumlah Skor anda 49 kebawah :
Cobalah untuk lebih membuka diri, lebih bersikap hangat dan mencoba untuk berbaur dengan yang lain. Pada dasarnya setiap orang membutuhkan orang lain untuk melengkapi perjalanan hidupnya. Kalau kamu hangat siapa tahu kamu bakal menemukan seorang sahabat sejati yang bisa diajak saling mengerti dan memahami hakekat kehidupan.


KUIS 4.
GAYA BELAJAR ANDA
YANG COCOK”

1.       Kalau ada orang yang meminta petunjuk jalan, biasanya saya akan ….
a.        Menggambar peta jalan pada sebuah kertas
b.       Memberitahu secara lisan (melalui ucapan)
c.        Mencoba memberitahu  dengan isyarat tangan atau langsung mengantarnya.
2.       Saya paling suka permainan …
a.        Kata bergambar
b.       Acak kata
c.        Pantomin
3.       Saya ingin sekali menonton film di bioskop karena …
a.        Melihat cover iklan yang menarik
b.       Membaca synopsis cerita
c.        Menonton potongan film
4.       Saya punya guru favorit. Saat mengajar, ia selalu menggunakan…
a.        Ceramah, diskusi, dan deba
b.       Diagram, bagan, alur, dan slide
c.        Trial, Uji coba dan praktik
5.       Ketika bicara, biasanya saya paling suka…
a.        Suka berbicara, perlahan, dan jelas, tapi tidak suka mendengarkan terlalu lama
b.       Suka mendengarkan orang lain bicara, baru kemudian berbicara
c.        Berbicara dengan menggunakan bahasa tubuh dan gerakan yang banyak
6.       Sebelum mengerjakan sesuatu, saya biasanya…
a.        Membaca instruksinya terlebih dahulu.
b.       Mendengarkan intruksi dari orang lain, baru mengerjakan
c.        Langsung melakukan uji coba
7.       Ketika lupa sesuatu, biasanya saya..
a.        Berusaha mengingat dari gambaran bentuk, warna, atau  cirinya
b.       Berusaha mengingat dari cirri suaranya
c.        Berusaha mengingat apa yang dilakukan dan penggunaanya.
8.       Hal yang paling bisa saya ingat dari seseorang adalah…
a.        Ekspresi wajah yang menawan
b.       Suaranya yang khas
c.        Gerakan tubuhnya yang memukau
9.       Saat berkomunikasi, saya suka kalau..
a.        Bertemu secara langsung
b.       Bicara melalui telepon
c.        Bertemu dalam sebuah kegiatan aktif
10.    Kemampuan yang saya bisa dan paling saya sukai adalah
a.        Menggambar, melukis atau mewarnai
b.       Bernyanyi atau bermain alat music
c.        Menari atau beladiri
11.    Ketika santai, saya biasaya…
a.        Membaca novel atau buku
b.       Mendengarkan music atau radio
c.        Berolahraga atau bermain
12.   Saat marah, saya biasanya..
a.        Lebih memilih untuk diam saja
b.       Memaki dan berkata-kata secara emosional
c.        Membanting barang atau memukul
13.   Konsentrasi saya terganggu jika..
a.        Kondisi ruangan yang berantakan dan tidak rapi
b.       Bising dan suara gaduh
c.        Gerakan yang ada di sekitar
14.   Saat belajar, saya biasanya…
a.        Membuat catatan atau rangkuman dari materi
b.       Menghafal sambil menggunakan suara
c.        Melakukan praktik atau simulasi dari pelajaran
15.    Saat membaca sesuatu, saya biasanya…
a.        Menyukai bacaan yang bercerita tentang detil peristiwa
b.       Menyukai bacaan yang memiliki banyak percakapan antar tokoh
c.        Menyukai bacaan yang melibatkan aksi dari tokohnya.

Jumlahkan Skornya. Perhatikan, pilihan mana yang paling dominan atau sering dipilih :
A, B, atau C

Tipe  VISUAL (Dominan A)
Tipe visual adalah tipe orang yang cenderung menerima informasi paling banyak dan paling efektif menggunakan indera penglihatan (visual).
Strategi belajar yang cocok bagi tipe visual :
a.        Gunakanlah variasi warna dalam melakukan pencatatan, seperti memberi garis bawah atau membuat grafik.
b.       Meyoritas, tipe visual suka membaca. Namun, buku bacaan yang banyak memiliki gambar ilustrasi dan warna yang menarik lebih mudah dipahami daripada buku bacaan yang penuh dengan teks.
c.        Perhatikan penerangan saat belajar dan hindari “polusi visual”
d.       Saat mengingat sesuatu, bayangkan dan buat tulisa yang memudahkan
e.       Catat kembali bahan pelajaran dengan warna dan gambar yang menarik.

TIpe Auditory (Dominan B)
Tipe auditory adalah tipe orang yang cenderung menerim informasi paling banyak dan paling efektif menggunakan indera pendengaran (Audio)
Strategi belajar yang cocok bagi tipe Auditory :
a.        Gunakanlah voice recorder atau perekam suara saat mendengarkan pelajaran
b.       Perbanyak melakukan presentasi dan Tanya jawab.
c.        Lagukan apa yang diingat dengan irama dan hindari “polusi suara” (kebisingan)
d.       Berpikir dan menginat sambil menguncapkannya kembali
e.       Dengarkan kembali pelajaran melalui rekaman atau penjelasan orang lain

Tipe KINESTETIK (Dominan C)
Tipe kinestetik adalah tipe orang yang cenderung menerima informasi paling banyak dan paling efektif dengan melibatkan gerakan tubuh, peragaan, dan aktivitas fisik.
Strategi belajar yang cocok bagi tipe kinestetik
1.       GUnakanlah gerakan dalam pelajaran, seperti aktivitas atau uji coba secara langsung
2.       Perbanyak praktik yang berkaitan dengan pelajaran (praktik di laboratorium) dan langsung bisa diaplikasikan
3.       Hindari belajar yang menoton (terlalu banyak duduk)
4.       Saat mengingat sesuatu, lakukan hal yang diingat dengan aktivitas gerak.
5.       Menulis di udara, gunakan gerak imajinatif.

KUIS 5. :
“GOLONGAN OTAK KIRI
ATAU OTAK KANAN

Pilih pernyataan yang paling cocok dan sesuai dengan diri kita. Coba lingkari, lalu hidung jumlahnya ?

Golongan A
1.       Saya dapat berpikir secara berurutan, mampu mengingat penjelasan, dan mengingat detail
2.       Saya mampu menghasilkan sesuatu dengan matang dan terstruktur
3.       Bagi saya, prestasi akademik (ranking dan nilai IpK) adalah hal yang penting dan harus diperjuangkan.
4.       Saya mampu berpikir analitis, berdasarkan fakta, tajam dan jelas
5.       Saya melakukan pekerjaan dengan serius dan cermat
6.       Saya sering membuat rencana dan perhitungan matang sebelum melakukan sesuatu
7.       Saya suka kedisiplinan dan terkadang membuat peraturan untuk diri sendiri
8.       Saya mampu menghafal dengan baik dalam kata-kata dan penjelasan
9.       Saya agak tertutup dan kurang suka berinteraksi dengan orang lain.
10.    Saya menyukai sesuatu yang teratur, terpola, dan baku
11.    Saya menyukai angka, hitungan, dan sesuatu yang berhubungan dengan logika.

TOTAL NILAI ____________

Golongan B
1.       Mampu mencari jalan keluar dengan cara yang baru dan mencari ide kreatif
2.       Tertarik belajar sesuatu hal yang baru dan unik
3.       Menyukai warna, gambar dan music
4.       SUka berkhayal dan berimajinasi
5.       Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
6.       Entrepreneur yang sukses meskipun tidak sekolah tinggi
7.       Bersifat terbuka, suka bergaul dengan semua orang, humoris, dan lucu
8.       Menyukai petualangan, tantangan, suka kebebasan, dan tidak mau terikat.
9.       Tidak suka pada rumus, hitungan, dan logika yang terlalu banyak
10.    Dapat berpikir secara tidak berurutan, kreatif, dan menyebar.
11.    Suka melakukan pekerjaan dengan cara sendiri dan membuat cara baru yang nyaman.

TOTAL NILAI __________

BIla jumlah jawaban pada golongan A lebih banyak, dominan menggunakan otak kiri

Belahan otak kiri berhubungan dengan logika, analisis, bahasa, rangkaian dan matematika. Otak kiri biasanya diidentikkan dengan kecerdasaan analitis. Jadi, belahan otak kiri kita berhubangan dengan hal-hal yang kuantitatif, berpikir teoritis, intelektual, logis, linier dan rasional. Cara kerja otak kiri sangat rapi, terstruktur, dan sistematis. Otak kiri digunakan untuk memahami hal-hal yang kompleks dan perlu pemikiran yang mendetail. Orang yang biasanya lebih mengandalkan otak kiri adalah orang peneliti atau ilmuwan. Otak kiri adalah orang yang memiliki daya ingat singkat memuat ingatan yang logis.
BIla jumlah jawaban pada golongan B lebih banyak. Dominan menggunakan otak kanan.
Belahan otak kanan berkaitan dengan ritme, kreativitas, warna (visual), imajinasi, dimensi, ide, gairah, keberanian, emosi, dan seni. Cara kerja otak kanan ini biasanya tidak terstruktur dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Contoh orang yang mengandalkan otak kanannya adalah seniman. Otak kanan adalah otak yang mampu memuat ingatan secara image. Artinya, daya ingat otak lebih lama dibandingkan otak kiri.


KUIS 6.
“ORANG EKSTROVERT
ATAU INTROVERT

Pilih dari pernyataan dibawah ini yang menunjukkan kecenderungan diri kita .

1.       Dalam bertemn, saya biasanya ….
a.        Berteman dengan semua orang, siapapun dia
b.       Memilih dan berhati-hati dalam berteman
2.       Saat telepon rumah bordering, saya biasanya…
a.        Segera mendekat, lalu menjawab telepon itu
b.       Berharap ada orang lain yang akan menjawab telepon
3.       Dalam mengambil keputusan, yang saya lakukan…
a.        Memutuskan dengan cepat dan segera
b.       Memerlukn waktu untuk berpikir dan menimbang dulu
4.       Ketika berada di dalam antrian, biasanya saya lebih sering…
a.        Memulai percakapan dan berbincang dengan orang lain
b.       Cuek saja atau asyik memainkan handphone
5.       Saat liburan, biasanya saya…
a.        Jalan-jalan bersama teman, atau berlibur bersama
b.       Lebih banyak sendiri dan merenung
6.       Saya termasuk orang yang…
a.        Ramah, banyak bicara, dan suka bercerita
b.       Tidak banyak bicara dan cenderung menyimpan cerita
7.       Dalam mengerjakan tugas, saya lebih suka…
a.        Mengerjakan dalam kelompok bersama teman
b.       Mengerjakannya seorang diri.
8.       Dalam sebuah percakapan, saya biasanya…
a.        Menjadi pembicara yang baik
b.       Menjadi pendengar yang baik

9.       Dalam sebuah acara, biasanya saya lebih senang…
a.        Berbincang dengan orang baru untuk memperluas perkenalan
b.       Berbincang dengan teman dekat yang sudah dikenal
10.    Ketika menghadapi masalah, biasayanya saya…
a.        Bercerita kepada orang dan meminta pendapat orang lain
b.       Menyimpan masalah dan berusaha mencari sendiri solusinya
11.    Dalam berkomunikasi biasanya saya lebih suka…
a.        Bertemu langsung dan menyampaikan secara langsung
b.       Lewat pesan singkat atau melalui orang lain
12.    Saya adalah tipe orang yang..
a.        Selalu update berita atau tahu tentang gossip yang beredar
b.       Jadi orang terakhir yang mengetahui berita.
13.    Dalam berkonsentrasi, saya seringkali…
a.        Sulit untuk focus, perhatin yang mudah beralih
b.       Fokus pada tujuan dan perhatian yang konsisten
14.    Dalam menjawab sebuah pertanyaan, saya biasanya..
a.        Menjawab langsung dengan cepat, tanpa piker panjang
b.       Labih suka memikirkannya matang-matng lalu menjawab
15.    Saya merasa nyaman ketika…
a.        Berada bersama dengan banyak orang dan menjadi pusat perhatian
b.       Berada dalam kondisi tenang, damai dan sendirian
16.    Jika diajak untuk bertemu dalam sebuah pesta, saya lebih suka..
a.        Menanggapinya dengan semangat dan berusaha hadir disana
b.       Menanggapi biasa saja, dan jika tidak begitu penting memutuskan untuk tidak hadir
17.    Liburan yang saya sukai…
a.        Berlibur dan bersenang-senang bersama teman-teman di keramaian
b.       Berlibur sendirian di pulau terpencil yang tenang dan damai


Mana yang dominan dari pilihan di atas, pilihan A atau B

EKTROVERT (Dominan pilihan A)
Orang ekstrovert lebih senang berada ditengah keramaian, energinya terkumpul ketika berbicara dan berinteraksi dengan banyak orang. Ketika sedang berada di keramaian, orang ekstrovert seolah-olah sedang mengisi tenaganya (charging). Oleh karena itu, jika orang ektrovert sedang stress, ia akan cenderung memilih untuk berinteraksi dengan banyak temannya, entah pergi ke mall, nonton, atau sekedar jalan-jalan. Orang ektrovert tidak nyaman dengan suasana sepi. Suasana sepi bagi orang ekstrovert malah akan membuatnya semakin tertekan.
Dalam percintaan, seorang ekstrovert memiliki keuntungan sendiri. Ia bebas berkenalan dengan lawan jenis (approach) atau meminta nomor telepon, itu bukan perkara yang sulit bagi mereka.Namun, dalam hal dating, biasanya mereka memiliki kesulitan. Tipe ekstrovert biasanya lebih sulit untuk membina hubungan personal yang lebih dalam dengan seseorang.
Di lain pihak, orang ekstrovert terampil dalam melakukan perjalanan ke dunia luar.Mereka dengan leluasa dapat berinteraksi dengan banyak orang. Membuat orang lain terkagum-kagum dan menyukainya. Namun, semua itu dilakukan dengan mengorbankan dirinya sendiri. Mereka sering terpaksi mengorbankan kepribadiannya sendiri agar data diterima oleh orang lain. Pembicaraan orang ekstrovert juga biasanya general yang bersifat umum.

INTROVERT (dominan pilihan B)
Bagi orang introvert, keramaian akan membuat tenaga mereka cepat hilang. Oleh karena itu, biasanya mereka hanya sekali-kali berinteraksi, kemudian diam. Ketika sedang stress, orang introvert lebih senang menyendiri atau hanya mau berbagi kepada satu atau dua orang yang mereka percaya. Bagi orang introvert, suasana sepi adalah suasana yang nyaman. Mereka seolah bisa ‘mengisi’ energy mereka. Selain itu, biasanya orang introvert hanya bicara seperlunya dan hanya berbicara mengenai apa yang memang ingin mereka bicarakan. Pada kadar yang tinggi, orang introvert jika ditanya akan diam memikirkan apa yang akan mereka ucapkan, setelah itu baru mereka berbicara.
Orang introvert cenderung lebih sulit melakukan pendekatan (approach), tetapi dalam hal dating mereka lebih unggul karena mereka biasanya bisa membuat suatu hubungan personal yang lebih dalam dan serius. Di sinilah keunggulan introvert, arah pembicaraan akan lebih dalam, berbeda dengan ekstrovert yang lebih general.
Orang  Introvert seringkali disibukkan dengan dirinya sendiri dan kurang peka terhadap lingkungannya. Pada akhirnya lingkungannya juga tidak dapat menerima orang introvert dengan baik. Mereka tahu apa yang mereka mau tapi sulit untuk mengomunikasikannya kepada orang lain. Hal ini membuat orang introvert seringkali dicap sebagai orang aneh. Untuk mengerti pemikiran orang introvert, kita harus meluangkan waktu lebih banyak dan berkomunikasi secara intens dengannya. Inilah mengapa  ketika kita berbicara dengan seorang introvert, kita akan diajak menuju pembicaraan yang lebih diam.

No comments:

Post a Comment