Proposal Block Grand MGMP - Hardy Math

Saturday, August 6, 2016

Proposal Block Grand MGMP


PROPOSAL
BLOCKGRANT KEGIATAN MGMP MATEMATIKA SMA
TAHUN 2016




MGMP MATEMATIKA SMA
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR




DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
PROVINSI LAMPUNG





PENGESAHAN

PENGAJUAN PROPOSAL
BLOCK GRANT KEGIATAN MGMP MATEMATIKA SMA
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
TAHUN 2016

Nama                               :    MGMP MATEMATIKA SMA LAMPUNG TIMUR
Ketua                               :    Ikhsanudin, S.Pd. M.Pd.
Sekretaris                         :    Hardika Saputra, S.Pd., M.Pd.
Bendahara                       :    Siti Juwariah, S.Pd.
Sekretariat                       :    SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik
Alamat                             :    Jalan Baru Mengandungsari
Kecamatan                      :    Sekampung Udik
Kabupaten                       :    Lampung Timur
Provinsi                     
                                                                                   
                                                                        Lampung Timur, 22 Februari 2016
MGMP Matematika SMA Kabupaten Lampung Timur
                                 Ketua,                                                         Sekretaris,


             IKHSANUDIN, S.Pd., M.Pd.              HARDIKA SAPUTRA, S.Pd., M.Pd.
                NIP. 197905142002121002                                             NIP.

Mengetahui,
an. Kepala Dinas Dikpora  Kabupaten Lampung Timur,
Kabid Dikmen



TRIWAHYU HANDOYO, M.Pd.
NIP. 19700625 199512 1 002

KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. dimana  pada kesempatan ini kami telah menyelesaikan proposal pengajuan Block Grant Kegiatan MGMP Matematika SMA tahun 2016.
Melalui kesempatan ini kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kesempatan kepada MGMP Matematika SMA Kabupaten Lampung Timur untuk mendapatkan Kuota penyaluran Block Grant Kegiatan MGMP SMA tahun 2016, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi MGMP kami untuk berkembang dalam rangka memperbaiki pembelajaran Matematika di Kabupaten Lampung Timur yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa di Kabupaten Lampung Timur.
Selain itu ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Timur yang telah bersedia dan siap mendampingi kami dalam rangka pengelolaan Block Grant ini nantinya. Dan juga kepada rekan-rekan pengurus dan Anggota MGMP yang selama ini aktif mengikuti kegiatan MGMP mari kita tingkatkan lagi semangat kita dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan di Kabupaten kita ini.
Akhirnya, kami berharap untuk terkabulnya permohonan Block Grant ini guna peningkatan Kegiatan MGMP di Kabupaten Lampung Timur.

Lampung Timur, 22 Februari 2016
Pengurus MGMP


DAFTAR ISI







BAB I

PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG

Pengembangan sumber daya manusia yang dalam hal ini adalah guru, merupakan usaha mempersiapkan guru untuk kepentingan dirinya sehingga dapat memperbaiki kemampuan dan potensi yang dimiliki supaya dapat melaksanakan tugas fungsionalnya maupun tugas kemasyarakatan serta melengkapinya dengan berbagai wawasan, pengetahuan dan keterampilan serta memberikan rasa percaya diri guna melaksanakan tugas dan kewajibannya. Namun perlu diingat, bahwa dalam pengembangan atau peningkatan kemampuan profesional tersebut harus bertitik tolak pada kebutuhan atau permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru, karena apabila tidak demikian maka akan sia-sia saja upaya pengembangan atau peningkatan kemampuan profesional tersebut.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mempersyaratkan guru untuk memiliki: (i) memiliki kualifikasi akademik minimum S1 atau D-IV;  (ii) memiliki kompetensi  sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial,  dan  profesional; dan (iii) memiliki  sertifikat pendidik.  Undang-undang ini diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan melalui pelatihan, penelitian, penulisan karya ilmiah, dan kegiatan profesional lainnya. Kegiatan tersebut sangat mungkin dilaksanakan melalui kegiatan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengingat wadah ini dijadikan sebagai tempat pertemuan bagi guru mata pelajaran sejenis. Berkaitan dengan peran MGMP yang begitu strategis dalam peningkatan kompetensi guru, peningkatan kinerja MGMP merupakan hal mendesak yang harus segera dilakukan.
Dengan adanya kegiatan MGMP ini diharapakan dapat meningkatkan profesionalisme guru. Guru yang berkualitas dan profesional merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di kabupaten Lampung Timur. Karena selama ini pendidikan yang bermutu ternyata belum merata. Pendidikan bermutu masih terkonsentrasi pada daerah-daerah perkotaan, sedangkan pendidikan yang ada di daerah masih belum banyak mendapatkan sentuhan peningkatan mutu. Hal ini juga terjadi di daerah kami yaitu Lampung Timur. Di Lampung Timur sekolah-sekolah yang terkategori berkualitas masih sangat minim, apalagi didukung oleh wilayah Lampung Timur yang begitu luas, sehingga kegiatan peningkatan mutu terkadang hanya terkonsentrasi pada sekolah yang memang sudah berpredikat baik. Sekolah-sekolah yang belum memiliki prestasi menonjol biasanya kurang dilibatkan dalam program-program peningkatan mutu.
Kegiatan MGMP pun terkendala dengan jarak antar sekolah yang cukup jauh, kurangnya dukungan dari Pemerintah Daerah, kurangnya fasilitas dan fasilitator yang ada. Selain itu kegiatan MGMP selama ini berjalan hanya sekedarnya tanpa ada dukungan dana dari pihak manapun, sehingga kegiatan MGMP pun belum bisa berjalan secara optimal dan hanya kegiatan rutinitas belaka.
Walaupun selama ini belum memperoleh dukungan yang maksimal, tapi kegiatan MGMP, khususnya MGMP Matematika Kabupaten Lampung Timur masih tetap eksis. Ini terbukti dengan masih berlangsungnya kegiatan MGMP pada tahun pelajaran 2015/2016 saat ini. Adapun kegiatan yang dilakukan selama ini adalah pertemuan rutin setiap bulannya, dengan tujuan peningkatan profesionalisme guru.

Beberapa materi kegiatan MGMP Matematika yang bisa dilaksanakan dalam kegiatan rutin diantaranya:
a.       Analisis Standar Isi
b.      Pengembangan Silabus
c.       Pengembangan RPP
d.      Pengembangan Bahan ajar
e.       Pengembangan Media/alat peraga
f.       Pengembangan Model Pembelajaran
g.      Pengembangan Penilaian
h.      Pelatihan penggunaan ICT untuk pembelajaran
Disamping kegiatan rutin MGMP Matematik SMA Lampung Timur tersebut, ke depan MGMP mempunyai harapan agar dapat mengembangkan programnya untuk kegiatan pengembangan profesi dalam bentuk kegiatan:
a.       Penelitian Tindakan Kelas
b.      Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
c.       Seminar, lokakarya, kolokium (paparan hasil penelitian), dan diskusi panel.
d.      Pendidikan dan pelatihan berjenjang (diklat berjenjang).
e.       Penerbitan buletin MGMP.
f.       Penyusunan dan pengembangan website MGMP.
g.      Kompetisi kinerja guru.
h.      Peer Coaching (pelatihan sesama guru menggunakan TIK).
i.        Lesson Study
j.        Pelatihan dan Workshop penggunaan Program Aplikasi Penilaian, Program Aplikasi Analisis Butir Soal,

B.     TUJUAN PELAKSANAAN KEGIATAN

Dengan memanfaatkan dana blockgrant MGMP dari Direktorat Pembinaan Guru  Pendidikan Menengah, MGMP Matematika SMA Kabupaten Lampung Timur membuat beberapa kegiatan dengan tujuan sebagaimana tercantum dalam tabel berikut ini:
No
Nama Kegiatan
Tujuan Kegiatan
1
Sosialisasi dan Workshop Penilaian Kinerja Guru
Guru memahami dan mampu melakukan penilaian kinerja  guru berdasarkan peraturan yang berlaku
2
Workshop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Guru mampu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan menuangkannya dalam bentuk karya tulis ilmiah
3
Penyusunan dan Pembuatan Website MGMP
Terciptanya website MGMP Matematika SMA Lampung Timur

C.    SASARAN KEGIATAN MGMP

Dengan memanfaatkan dana blockgrant dari Direktorat Pembinaan Guru  Pendidikan Menengah, program kegiatan MGMP Matematika SMA di Lampung Timur membidik sasaran seluruh guru Matematika SMA di kabupaten Lampung Timur yang tersebar di sejumlah SMA di Lampung Timur.

D.    HASIL YANG DIHARAPKAN

Melalui kegiatan MGMP Matematika SMA Lampung Timur yang dibiayai melalui dana blockgrant dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah diharapkan seluruh guru matematika SMA di Kabupaten Lampung Timur dapat:
1.      Memahami dan melakukan kegiatan Penilaian Kinerja Guru dengan benar berdasarkan peraturan yang berlaku.
2.      Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan menuangkan dalam bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) sebagai bukti inovasi dan pengembangan guru.
3.      Terciptanya website MGMP Matematika SMA Lampung Timur sebagai media informasi dan pengembangan menulis guru.

BAB II

KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN

Pada tahun pelajaran 2014/2015 MGMP Matematika SMA Kabupaten Lampung Timur telah melaksanakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan. Pada setiap pertemuan tersebut melaksanakan program yang telah direncanakan sebelumnya, adapun gambaran singkat program yang telah dilakukan adalah: desiminasi hasil-hasil pelatihan kepada guru lain yang tidak mengikuti pelatihan, workshop pembuatan soal-soal ulangan, workshop penggunaan alat TI untuk penunjang pembelajaran,  workshop pembuatan modul pembelajaran, workshop penggunaan simpel PAS untuk analisis evaluasi hasil pembelajaran. Secara singkat kami uraikan sebagai berikut:

A.    Desiminasi Hasil Pelatihan dari P4TK Matematika Yogyakarta

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk sharing hasil-hasil pelatihan dari P4TK Matematika Yogyakarta, karena pada tahun 2014 salah satu guru Matematika di Lampung Timur mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan Diklat Online yaitu atas nama Bapak Ikhsanudin, S.Pd., M.Pd., dan pada tahun 2015 di ikuti oleh Bapak Ruswandi, S.Pd.

B.     Workshop Penggunaan TI (Teknologi Informasi)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk workshop penggunaan Microsoft Word untuk pembelajaran Matematika, Pengenalan Web P4TK Matematika dan Web lainnya yang berkaitan dengan Matematika, pembuatan email (surat elektronik) dan penggunaannya.

C.    Workshop Pembuatan Soal Latihan Ujian

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan terbentuknya soal Latihan Ujian dan soal Ujian Sekolah yang sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan. Kegiatan ini dipandu oleh Ketua MGMP.

D.    Workshop Pembuatan Soal Ulangan Akhir Semester

Kegiatan ini sebenarnya adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap semesternya untuk menghasilkan soal ulangan yang dapat mewakili seluruh aspirasi yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

E.     Workshop SIMPEL PAS

Adalah kegiatan workshop untuk menggunakan aplikasi SIMPEL PAS dalam rangka mempermudah guru untuk menganalisis hasil ulangan. Kegiatan ini dipandu langsung oleh pengembang aplikasi SIMPEL PAS yaitu Muhamad Khotib, M.Pd sekaligus Ketua MGMP Matematika pada saat itu.





BAB III

RENCANA PEMANFAATAN BLOCKGRANT

No.
Kegiatan
Tujuan
Jumlah Peserta
Rencana Pelaksanaan
Anggaran
1
Sosialisasi dan Workshop Penilaian Kinerja Guru
Guru memahami dan mampu melakukan penilaian kinerja  guru berdasarkan peraturan yang berlaku
32 Peserta
08-09 Agustus 2016
Rp15000.000,00
2
Workshop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Guru mampu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan menuangkannya dalam bentuk karya tulis ilmiah
32 Peserta
20-22 September 2016
Rp15000.000,00
3
Penyusunan dan Pembuatan Website MGMP
Terciptanya website MGMP Matematika SMA Lampung Timur
Tim Penyusun Website: 5 Orang
Agustus – Desember 2016
Rp 5000.000,00
Jumlah
Rp35.000.000,00






BAB IV

PENUTUP


A.    KESIMPULAN

Pada dasarnya kegiatan MGMP merupakan kegiatan rutin yang dapat digunakan oleh guru dalam rangka peningkatan kompetensi, sehingga melalui kegiatan yang dibiayai oleh Blockgrant ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi guru melaui Penilaian Kinerja Guru, Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan KTI-nya, serta terbentuknya website MGMP Matematika SMA Kabupaten Lampung Timur.

B.     SARAN

Demikianlah usulan blockgrant ini diusulkan guna menopang pengembangan pembelajaran matematika melalui sarana MGMP Matematika. Namun demikian ada beberapa saran yang dapat kami sampaikan guna peningkatan pembelajaran matematika yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Adapun saran kami adalah sebagai berikut:
1.         Kepada Pemerintah Daerah, agar lebih memperhatikan kegiatan MGMP di Lampung Timur dengan cara memberikan alokasi dana peningkatan kegiatan MGMP.
2.         Kepada Pemerintah Pusat, agar lebih memberikan kesempatan kepada guru-guru Matematika di daerah untuk mengikuti diklat di tingkat nasional maupun regional.
3.         Kepada Guru-guru Matematika SMA di Lampung Timur, agar selalu meningkatkan kompetensinya agar pembelajaran matematikanya menjadi lebih efektif, baik melalui kegiatan MGMP maupun forum ilmiah lainnya.




LAMPIRAN

1.      FC REKENING BANK an. Sekolah Induk (Sekretariat)  (scan)
2.      SUSUNAN PENGURUS yang disyahkan dinas (scan)
3.      RENCANA ANGGARAN PENGGUNAAN DANA BLOCKGRANT








SUSUNAN PENGURUS yang disyahkan dinas











RENCANA PENGGUNAAN DANA BLOCKGRANT


A.    Kegiatan Sosialisasi dan Workshop Penilaian Kinerja Guru

No
Kegiatan
Vol
Satuan
Harga Satuan
Jumlah
1
ATK
1
Paket
 Rp 1.500.000
 Rp    1.500.000
2
Bahan, Materi, Fc. Surat & Dokumen
1
Paket
 Rp 2.500.000
 Rp    2.500.000
3
Komsumsi Peserta Hari 1
32
Orang
 Rp      30.000
 Rp       960.000
4
Komsumsi Peserta Hari 2
32
Orang
 Rp      30.000
 Rp       960.000
5
Transport Narasumber
6
Orang
 Rp    150.000
 Rp       900.000
6
Insentif Narasumber
6
Orang
 Rp    600.000
 Rp    3.600.000
7
Komsumsi Narasumber
6
Orang
 Rp      30.000
 Rp       180.000
8
Snack Peserta Hari 1
32
Orang
 Rp       5.000
 Rp       160.000
9
Snack Peserta Hari 2
32
Orang
 Rp       5.000
 Rp       160.000
10
Snack Narasumber
1
Paket
 Rp    500.000
 Rp       500.000
11
Air Mineral Cup
5
Dus
 Rp      20.000
 Rp       100.000
12
Coffe Break
1
Paket
 Rp    500.000
 Rp       500.000
13
Publikasi dan Dokumentasi
1
Paket
 Rp 1.500.000
 Rp    1.500.000
14
Banner
2
Buah
 Rp    400.000
 Rp       800.000
15
Sertifikat Peserta
32
Orang
 Rp       5.000
 Rp       160.000
16
ID Card Peserta
32
Orang
 Rp       5.000
 Rp       160.000
17
Transport dan Akomodasi Panitia
1
Paket
 Rp    360.000
 Rp       360.000
Jumlah Anggaran Dana Kegiatan A
 Rp  15.000.000

B.     Kegiatan Workshop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

No
Kegiatan
Vol
Satuan
Harga Satuan
Jumlah
1
ATK
1
Paket
 Rp 1.500.000
 Rp    1.500.000
2
Bahan, Materi, Fc. Surat & Dokumen
1
Paket
 Rp 2.500.000
 Rp    2.500.000
3
Komsumsi Peserta Hari 1
32
Orang
 Rp      25.000
 Rp       800.000
4
Komsumsi Peserta Hari 2
32
Orang
 Rp      25.000
 Rp       800.000
5
Komsumsi Peserta Hari 3
32
Orang
 Rp      25.000
 Rp       800.000
6
Transport Narasumber
6
Orang
 Rp    100.000
 Rp       600.000
7
Insentif Narasumber
6
Orang
 Rp    600.000
 Rp    3.600.000
8
Komsumsi Narasumber
6
Orang
 Rp      30.000
 Rp       180.000
9
Snack Peserta Hari 1
32
Orang
 Rp       5.000
 Rp       160.000
10
Snack Peserta Hari 2
32
Orang
 Rp       5.000
 Rp       160.000
11
Snack Peserta Hari 3
32
Orang
 Rp       5.000
 Rp       160.000
12
Snack Narasumber
1
Paket
 Rp    500.000
 Rp       500.000
13
Air Mineral Cup
8
Dus
 Rp      20.000
 Rp       160.000
14
Coffe Break
1
Paket
 Rp    600.000
 Rp       600.000
15
Publikasi dan Dokumentasi
1
Paket
 Rp 1.000.000
 Rp    1.000.000
16
Banner
2
Buah
 Rp    400.000
 Rp       800.000
17
Sertifikat Peserta
32
Orang
 Rp       5.000
 Rp       160.000
18
ID Card Peserta
32
Orang
 Rp       5.000
 Rp       160.000
19
Transport dan Akomodasi Panitia
1
Paket
 Rp    360.000
 Rp       360.000
Jumlah Anggaran Dana Kegiatan B
 Rp  15.000.000

C.    Kegiatan Penyusunan dan Pembuatan Website MGMP

No
Kegiatan
Vol
Satuan
Harga Satuan
Jumlah
1
Jasa Pembuatan Website
1
Paket
 Rp 2.600.000
 Rp    2.600.000
2
Biaya Paket Hosting
12
Bulan
 Rp      50.000
 Rp       600.000
3
Jasa Perawatan Website
12
Bulan
 Rp    150.000
 Rp    1.800.000
Jumlah Anggaran Dana Kegiatan C
 Rp    5.000.000

D. Total Rencana Anggaran Penggunaan Dana Blockgrant
Total RAPD Blockgrant = Anggaran Dana Kegiatan A + B + C
                                        = Rp. 15.000.000 + Rp. 15.000.000 + Rp. 5.000.000
                                        = Rp. 35.000.000

Lampung Timur, 22 Februari 2016
MGMP Matematika SMA Kabupaten Lampung Timur
                                 Ketua,                                                         Bendahara,


             IKHSANUDIN, S.Pd., M.Pd.                         SITI JUWARIAH, S.Pd.
              NIP. 19790514 200212 1 002                       NIP. 19731212 200604 2 017

Mengetahui,
an. Kepala Dinas Dikpora  Kabupaten Lampung Timur,
Kabid Dikmen



TRIWAHYU HANDOYO, M.Pd.
NIP. 19700625 199512 1 002







No comments:

Post a Comment