Pentingnya Guru Matematika Mempelajari BK - Hardy Math

Tuesday, November 10, 2015

Pentingnya Guru Matematika Mempelajari BK

Bimbingan dan konseling adalah sesuatu yang telah lama menjadi instrumen penting dalam proses pendidikan dan pembelajaran, baik pembelajaran formal maupun informal. Namun secara formal, bimbingan dan konseling baru dibicarakan di indonesia pada tahun1960-an. Mulai saat itu bimbingan dan konseling mulai dikampanyekan utuk mendapatkan tempat dalam sistem pendidikan disekolah.


Pada hakikathya bimbingan dan konseling bertugas untuk memberikan bimbingan dan konseling bagi siswa dari berbagai tinjauan keilmuan, yang didalamnya terdapat tinjauan, pendidikan, psikologi, sosial masyarakat, dll. Untuk itu, kemudian bidang ini menjadi penting bagi guru-guru untuk mendidik pembelajaran yang dilakukannya didalam kelas. Disisi lain matematika merupakan alah satu pelajaran yang menjadi hambatan bagi sebagian peserta didik di indonesia, hal tersebut terlihat dari nilai ujian naional siswa pada pelajaran mateatika yang selalu menempati peringkat paling rendah.

Mengingat hal-hal diatas maka menjadi penting bagi guru matematika untuk mempelajari dan mengaplikasikan prinsip-prinsip BK guna menunjang pembelajaran matematika yang dilaksanakannya. Yang menjadi pertanyaan hanya cukup dengan alasan-alasan umum diataskah seorang guru matematika dituntut untuk mengerti BK. Untuk itu secara terperinici berikut ini dipaparkan beberapa alasan mengapa BK menjadi penting uttuk dipelajari guru matematika?

Pertama, dengan mengerti BK, guru matematika bisa mengadakan penelitian dan mengetahui kebutuhan masing-masing siswa dalam mempelajari matematika, sehingga guru bisa menyiapkan strategi pembelajaran yang paling sesuai untuk masing-masing siswa.

Kedua, guru matematika dapat mengetahui tingkat perbedaan pada diri masing-masing siswa, sehingga guru bisa menyiapkan perlakuan yang paling pas untuk siswa, sesuai dengan tingkat kemampuannya dalam melakukan proses pembelajaran matematika.

Ketiga, guru matematika dapat melakukan pencegahan-pencegahan terhadap hal-hal yang akan memperburuk tingkat pemahaman siswa terhadap matematika, karena guru telah memiliki dat-data terkait hal-hal yang menjadikan siswa tidak suka belajar matematika.

Keempat, guru dapat menentukan pembagian kelompok sesuai dengan metode yang diterapkan, misalkan : guru bisa membuat kelompok dengan memasukkan satu siswa sebagai motivator, karena guru telah memiliki data yang memadai terkait dengan pribadi-pribadi siswa yang memiliki jiwa kepemimpinan.

Kelima, guru matematika bisa mengajarkan matematika dengan lebih memperhatikan jiwa anak-anak, karena guru memiliki bekal pemahaman psikologi anak dan pembimbingannya.

Keenam, guru matematika bisa memilah dan memilih materi disesuakan dengan latar belakang dan lingkungan siswa, yang mana dat-data tersebut diperoleh dari BK.


Selain ha-hal diatas, masih banyak sekali alasan mengapa BK menjadi penting bagi guru matematika, karenanya, mari bersama mempelajari BK untuk matematika yang lebih humanis dimasa yang akan datang!semangat!!.

https://zaimwahid.wordpress.com/2012/03/25/pentingnya-guru-matematika-mempelajari-bk/

No comments:

Post a Comment