Tentang PTK - Hardy Math

Thursday, July 26, 2012

Tentang PTK


Pembuatan PTK dengan bertolak pada permasalahan di kelas, Permasalahan guru maupun permasalahan siswa. Permasalahan ini terjadi karena adanya kesenjangan antara idealisme dari harapan yang diinginkan dengan kenyataan yang ada.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyikapi permasalahan di kelas adalah
  1. Introspeksi yang terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas Anda
  2. Temukan masalahnya
  3. Tentukan fokus masalahnya
  4. Lakukanlah Penelitian Tindakan Kelas
Dengan demikian, maka PTK yang akan dilaksanakan benar-benar permasalahan yang ada di kelasnya sendiri, dan tertuju pada peningkatan kualitas proses  pembelajaran, bukan ke hasil saja.
Kemudian, bagaimanakah membuat judul PTK itu? Aturan apa saja dalam membuat judul PTK? Dari beberapa referensi yang saya baca, berikut beberapa aturan dalam menyusun judul PTK:
  1. Memuat what, who, dan how
  2. Menarik, ringkas dan jelas
Sebagai contoh, kita cermati kasus berikut ini.
Sebagian besar siswa kelas SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik masih belum paham tentang materi perkalian. Guru di kelas tersebut tidak memiliki cukup waktu untuk menjelaskan materi perkalian ke siswa, ada beberapa siswa yang sudah paham, sehingga guru menginginkan perlu adanya pembelajaran kelompok.
Dari kasus tersebut, guru akan melakukan PTK. Maka langkah awal adalah menyusun judul PTK.
Pertanyaan yang harus dijawab untuk menyusun judul PTK,
  1. What (Apa), Meningkatkan pemahaman perkalian matematika dan keaktifan siswa.
  2. How (Bagaimana), Melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian
  3. Who (Siapa), Siswa  SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik
Dari jawaban pertanyaan di atas, maka kita rangkai menjadi judul PTK yaitu “Upaya meningkatkan pemahaman perkalian matematika dan keaktifan siswa  SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik dalam pembelajaran melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian”.
Dari judul PTK tersebut, maka kita susun rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Apakah melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian dapat meningkatkan pemahaman perkalian matematika siswa kelas  SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik
  2. Apakah melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian dapat meningkatkan keaktifan siswa  SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik
Sebagai latihan, berdasarkan situasi pembelajaran yang Bapak-Ibu alami di kelas, susunlah:
  1. Judul PTK
  2. Rumusan Masalah
Untuk lebih memahami tentang PTK, silahkan download file tentang PTK berikut ini.

No comments:

Post a Comment