Cara Menghafal Rumus Trigonometri - Hardy Math

Monday, November 28, 2016

Cara Menghafal Rumus Trigonometri

Pada pembelajaran trigonometri, terdapat beberapa rumus baku yang harus dipahami dan dihafalkan siswa. Kadang kala siswa perlu menghapal rumus terlebih dahulu guna membiasakan teknik baru. Setelah memenuhi kompetensi minimal, baru bisa leluasa mendalami konsep. Dengan memahami konsep dan menurunkan rumus terlebih dahulu, pemahaman kita menjadi lebih kental sehingga rumus bisa dengan mudah melekat dalam diri. Dilain pihak jika soal lebih divariasikan lagi tidak akan terlalu masalah.

Untuk membantu menghafalkan rumus trigonometri, guru dapat menggunakan jembatan keledai (mnemonics). Namun, perlu diingat bahwa cara cepat semacam ini hanya untuk membantu menghafal, sedangkan konsepnya harus ditanamkan terlebih dahulu ke siswa.
mengahfal rumus trigonometri
Pada pengertian perbandingan trigonometri, guru dapat mengenalkan Sindemi (sinus–depan–miring), cosami (cosinus–samping–miring), dan tandesa (tangen–depan– samping). Atau dapat menggunakan istilah sinohi (sinus-opposite-hypotenuse), cosahi (cosinus-adjascent-hypotenuse) dan tanopa (tangen-opposite-adjascent), atau juga yang lebih ringkas dengan istilah SOHCAHTOA.
Pada relasi sudut, guru dapat menggunakan jembatan keledai semisal “Semua Surat Tanda Cinta”. Artinya, di kuadran I, semua perbandingan trigonometri bernilai positif, di kuadran II hanya Sinus, di kuadran III hanya tangen dan di kuadarn IV hanya cosinus beserta kebalikannya. Sedangkan untuk menghafal nilai sudut-sudut istimewa, dapat digunakan 3 buah segitiga spesial.Pertama untuk menghafal nilai di sudut 45 digunakan segitiga berikut:
menghafal rumus trigonometri
Dari rumus SOHCAHTOA didapatkan :
menghafal rumus trigonometri
Sedang untuk sudut 0   dan 90  lebih mudah diingat, yaitu:
Sin 0  = 0
Cos 0  = 1
Tan 0  = 0
Sin 90 = 1
Cos 90 = 0
Tan 90 = tak hingga

No comments:

Post a Comment