Minggu, 29 Juli 2012

Media Belajar Bangun Ruang

media pembelajaran bangun ruang
Bangun ruang adalah bangun matematika yang mempunyai isi ataupun volume. Bagian-bagian bangun ruang :
Sisi :  bidang pada bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruangan di sekitarnya.
Rusuk :  pertemuan dua sis yang berupa ruas garis pada bangun ruang.
Titik sudut : titik hasil pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih.
Jenis-jenis bangun ruang yang umum dikenal adalah :
  • Balok
  • Kubus
  • Prisma
  • Limas
  • Kerucut
  • Tabung dan
  • Bola
Masing-masing bangun tersebut memiliki rumusan dalam menghitung luas maupun isi/volumenya.  Untuk mendapatkan media berbentuk power point tentang bangun ruang silahkan  klik link download dibawah ini.

Jumat, 27 Juli 2012

Bilangan Pecahan Ppt


Bilangan pecahan merupakan bilangan yang mempunyai jumlah kurang atau lebih dari utuh. Terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang merupakan bilangan yang terbagi. Sedangkan penyebut merupakan bilangan pembagi. Jenis-jenis bilangan pecahan adalah pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan desimal, persen, dan permil.

Bagi yang ingin mendownload materi power point silahkan download dengan klik link dibawah ini.

Media Belajar Angka Romawi


Pada Postingan Kali ini saya akan berbagi media pembelajaran berbentuk power point Materi Matematika Bilangan Romawi. Sebagaimana kita tau bahwa Angka Romawi atau Bilangan Romawi adalah sistem penomoran yang berasal dari Romawi kuno. Sistem penomoran ini memakai huruf Latin untuk melambangkan angka numerik.

Bagi yang berminat mendownload media pembelajaran berbentuk power point. Silahkan Klik link dibawah ini.

Media Bilangan Bulat

Pada Postingan Kali ini saya akan berbagi media pembelajaran berbentuk power point Materi Matematika Bilangan Bulat. Sebagaimana kita tau bahwa Bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, 3, ...) dan negatifnya (-1, -2, -3, ...; -0 adalah sama dengan 0 sehingga tidak lagi dimasukkan secara terpisah). Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan.

Kamis, 26 Juli 2012

Tentang PTK


Pembuatan PTK dengan bertolak pada permasalahan di kelas, Permasalahan guru maupun permasalahan siswa. Permasalahan ini terjadi karena adanya kesenjangan antara idealisme dari harapan yang diinginkan dengan kenyataan yang ada.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyikapi permasalahan di kelas adalah
  1. Introspeksi yang terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas Anda
  2. Temukan masalahnya
  3. Tentukan fokus masalahnya
  4. Lakukanlah Penelitian Tindakan Kelas
Dengan demikian, maka PTK yang akan dilaksanakan benar-benar permasalahan yang ada di kelasnya sendiri, dan tertuju pada peningkatan kualitas proses  pembelajaran, bukan ke hasil saja.
Kemudian, bagaimanakah membuat judul PTK itu? Aturan apa saja dalam membuat judul PTK? Dari beberapa referensi yang saya baca, berikut beberapa aturan dalam menyusun judul PTK:
  1. Memuat what, who, dan how
  2. Menarik, ringkas dan jelas
Sebagai contoh, kita cermati kasus berikut ini.
Sebagian besar siswa kelas SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik masih belum paham tentang materi perkalian. Guru di kelas tersebut tidak memiliki cukup waktu untuk menjelaskan materi perkalian ke siswa, ada beberapa siswa yang sudah paham, sehingga guru menginginkan perlu adanya pembelajaran kelompok.
Dari kasus tersebut, guru akan melakukan PTK. Maka langkah awal adalah menyusun judul PTK.
Pertanyaan yang harus dijawab untuk menyusun judul PTK,
  1. What (Apa), Meningkatkan pemahaman perkalian matematika dan keaktifan siswa.
  2. How (Bagaimana), Melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian
  3. Who (Siapa), Siswa  SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik
Dari jawaban pertanyaan di atas, maka kita rangkai menjadi judul PTK yaitu “Upaya meningkatkan pemahaman perkalian matematika dan keaktifan siswa  SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik dalam pembelajaran melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian”.
Dari judul PTK tersebut, maka kita susun rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Apakah melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian dapat meningkatkan pemahaman perkalian matematika siswa kelas  SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik
  2. Apakah melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian dapat meningkatkan keaktifan siswa  SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik
Sebagai latihan, berdasarkan situasi pembelajaran yang Bapak-Ibu alami di kelas, susunlah:
  1. Judul PTK
  2. Rumusan Masalah
Untuk lebih memahami tentang PTK, silahkan download file tentang PTK berikut ini.

Aljabar - Al Khawarismi


Aljabar
Nama Asli dari al-Khawarizmi ialah Muhammad Ibn Musa al-khawarizmi. Selain itu beliau dikenali sebagai Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Yusoff. Al-Khawarizmi dikenal di Barat sebagai al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Ahawizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Gorismi dan beberapa cara ejaan lagi. Beliau dilahirkan di Bukhara.Tahun 780-850M adalah zaman kegemilangan al-Khawarizmi. al-Khawarizmi telah wafat antara tahun 220 dan 230M. Ada yang mengatakan al-Khawarizmi hidup sekitar awal pertengahan abad ke-9M. Sumber lain menegaskan beliau hidup di Khawarism, Usbekistan pada tahun 194H/780M dan meninggal tahun 266H/850M di Baghdad.

Mengenal File PDF


PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dangrafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Jumat, 20 Juli 2012

Soal Integral

Integral adalah kebalikan dari proses diferensiasi. Integral ditemukan menyusul ditemukannya masalah dalam diferensiasi di mana matematikawan harus berpikir bagaimana menyelesaikan masalah yang berkebalikan dengan solusi diferensiasi. Lambang integral adalah \int\,
Integral terbagi dua yaitu integral tak tentu dan integral tertentu. Bedanya adalah integral tertentu memiliki batas atas dan batas bawah. Integral tertentu biasanya dipakai untuk mencari volume benda putar dan luas.

Manajemen Organisasi RISMA


PENGERTIAN ORGANISASI REMAJA MASJID
Menurut Drs. EK Imam Munawir, organisasi adalah merupakan kerja sama di antara beberapa orang untuk mencapai suatu tujuan dengan mengadakan pembagian dan peraturan kerja. Yang menjadi ikatan kerja sama dalam organisasi adalah tercapainya tujuan secara efektif dan efisien. Dari definisi tersebut dapat diambil pengertian, bahwa Remaja Masjid adalah merupakan wadah kerja sama yang dilakukan oleh dua orang remaja muslim atau lebih yang memiliki keterkaitan dengan Masjid untuk mencapai tujuan bersama. Mengingat keterkaitannya yang erat dengan Masjid, maka peran organisasi ini adalah memakmurkan Masjid.

Sebagai wadah aktivitas kerja sama remaja muslim, maka Remaja Masjid perlu merekrut mereka sebagai anggota. Dipilih remaja muslim yang berusia antara l5 sampai 25 tahun. Pemilihan ini berdasarkan pertimbangan tingkat pemikiran dan kedewasaan mereka. Usia di bawah 15 tahun adalah terlalu muda, sehingga tingkat pemikiran mereka masih belum berkembang dengan baik. Sedang usia di atas 25 tahun, sepertinya sudah kurang layak lagi untuk disebut remaja. Namun, pendapat ini tidak menutup kemungkinan adanya gagasan yang berbeda.
Tingkat usia anggota perlu dipertimbangkan dengan baik, karena berkaitan dengan pembinaan mereka. Anggota yang memiliki tingkat usia, pemikiran dan latar belakang yang relatif homogen lebih mudah dibina bila dibandingkan dengan yang heterogen. Disamping itu, dengan usia yang sebaya, mereka akan lebih mudah untuk bekerjasama dalam melaksanakan program-program yang telah direncanakan, sehingga akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan.

PERLUNYA ORGANISASI REMAJA MASJID
Da'wah yang baik adalah yang diselenggarakan secara terencana, terarah, terus menerus dan bijaksana. Karena itu perlu dilakukan secara kolektif dan terorganisir secara profesional.
Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. (QS 3:104, Ali 'Imran).
Remaja Masjid merupakan salah satu bentuk organisasi da'wah islamiyah underbouw Ta’mir Masjid . Keberadaannya untuk mengorganisir kegiatan memakmurkan Masjid yang dilakukan para remaja muslim yang memiliki komitmen da’wah. Remaja Masjid sangat diperlukan sebagai alat untuk mencapai tujuan da'wah dan wadah bagi remaja muslim dalam beraktivitas di Masjid.

MEMANFAATKAN ILMU PENGETAHUAN
Organisasi Remaja Masjid telah lama hadir di tengah-tengah umat Islam, namun masih banyak kekurangan yang harus dibenahi. Kelemahan ini disebabkan antara lain oleh minimnya pengetahuan organisasi dan management para aktivisnya. Padahal dengan pemahaman yang memadai, insya Allah, akan menghasilkan pengelolaan yang baik.
Ilmu organisasi dan management yang berkembang selama ini banyak dihasilkan oleh para sarjana non-muslim. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi nilai-nilai yang ada di dalamnya. Namun tidak ada salahnya bila kita mau mengadopsi pengetahuan tersebut asal tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Yang lebih penting lagi adalah bagaimana mengembangkannya menjadi ilmu organisasi dan management yang islami.
Allah subhanahu wa ta’ala mengajarkan ilmu pengetahuan kepada umat manusia, baik yang beriman maupun yang tidak beriman, baik yang muslim ataupun kafir. Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan diberi ilmu pengetahuan.
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS 96:1-5, Al 'Alaq).
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS 58:11, Al Mujaadilah).
Dengan memahami hal tersebut, tentu bisa dimengerti tentang kebolehan kita mengambil ilmu pengetahuan dari orang-orang non muslim untuk diterapkan dalam kehidupan sosial umat Islam, asal tidak bertentangan dengan syari'at Islam. Tidak mengherankan ilmu-ilmu yang berkembang di kalangan non muslim juga berkembang di lingkungan umat Islam.
Dr. Yusuf Qaradlawi menyatakan: "Adalah tidak berdosa bagi kaum muslimin untuk mengambil dari orang lain segala peraturan partial, yang oleh para ahli muslim dipandang ada faedahnya bagi masyarakat muslim, sesuai dengan karakter dan kebudayaannya. Seperti peratuaran lalu lintas, peraturan telekomunikasi, penataan kota, organisasi dan pengadaan latihan militer atau lainnya, dengan syarat tidak bertentangan dengan nash-nash yang konstan dan kaidah-kaidah syari'ah. Dan mereka, hendaknya menyesuaikan apa yang diambil dari orang lain itu dengan prinsip Islam secara benar".

PENERAPAN ASAS ASAS ORGANISASI
Dalam penerapan asas-asas organisasi untuk Remaja Masjid diperlukan sikap kritis, sehingga prinsip-prinsip organisasi yang diterapkan dapat dinafasi oleh nilai-nilai Islam baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun asas-asas organisasi tersebut antara lain:
  •  Perumusan tujuan yang jelas.
  •  Departementasi.
  • Pembagian kerja.
  • Koordinasi.
  • Pelimpahan wewenang.
  • Rentang kendali.
  • Jenjang Organisasi.
  • Kesatuan perintah.
  • Fleksibilitas.
  • Keberlangsungan.
  • Keseimbangan.
  • Kepemimpinan.
  • Pengambilan Keputusan.


PEMILIHAN JENIS ORGANISASI
Jenis organisasi apabila ditinjau dari segi wewenang, tanggungjawab maupun hubungan kerjanya dapat dibedakan dalam berbagai macam. Pemilihan jenis organisasi akan memberi pengaruh terhadap sistem kerja Pengurus dalam menjalankan aktivitasnya. Yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuannya dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Untuk organisasi Remaja Masjid sebaiknya dipilih jenis organisasi lini-staf. Yang merupakan perpaduan (kombinasi) antara organisasi lini dan staf. Dengan menerapkan jenis organisasi ini, insya Allah, akan diperoleh beberapa keuntungan, antara lain:
  • Adanya pembagian kerja yang jelas dari masing-masing personil Pengurus, baik sebagai pimpinan, staf maupun pelaksana.
  • Upaya kaderisasi dapat berlangsung dengan baik, karena adanya kesempatan bagi para Pengurus untuk mengembangkan diri.
  • Menumbuhkan suasana kerjasama yang baik di antara Pengurus.
  • Prinsip penempatan ahlinya pada bidangnya atau the right man on the right place dapat lebih mudah dilakukan.
  • Menumbuhkan sikap disiplin, etos kerja, spesialisasi serta profesionalisme masing-masing Pengurus.
  • Koordinasi dapat dilakukan dengan baik, karena adanya pembidangan kerja yang jelas.
  • Pengambilan keputusan juga dapat dilakukan dengan sehat dan cepat, karena melibatkan banyak Pengurus dalam bermusyawarah, dan hasil keputusannya lekas diketahui oleh seluruh Pengurus.
  • Memiliki fleksibilitas yang baik, sehingga mampu menyahuti kebutuhan efektifitas dan efisiensi organisasi dalam mencapai tujuannya.
  • Dapat dipergunakan oleh Remaja Masjid yang relatif masih sederhana sampai yang besar dan komplek aktivitasnya.


STRUKTUR DAN BAGAN ORGANISASI
Struktur kepengurusan menunjukkan Susunan Pengurus Remaja Masjid sesuai dengan jabatan, wewenang dan tanggungjawabnya. Sedang bagan organisasi merupakan gambar struktur organisasi Remaja Masjid yang menunjukkan posisi, hirarki, rentang kendali dan lain sebagainya. Bagan organisasi biasanya berbentuk kotak-kotak kedudukan yang dihubungkan oleh garis-garis wewenang, baik instruksional ataupun koordinatif. Adapun manfaat yang dapat diperoleh Remaja Masjid dengan menggunakan bagan organisasi adalah:
  • Dapat diketahui besar-kecilnya organisasi Remaja Masjid.
  • Mudah diketahui garis-garis saluran wewenang dan tanggung jawab pengurus.
  • Bisa diketahui masing-masing bidang kerja dan jabatan Pengurus yang ada.
  • Bisa untuk mengetahui perincian aktivitas satuan organisasi maupun tugas setiap Pengurus.
  • Dapat untuk mengetahui nama, foto dan kedudukan masing-masing Pengurus.
  • Dapat untuk menilai apakah suatu Remaja Masjid telah menerapkan prinsip-prinsip organisasi dengan baik atau belum.

PERKEMBANGAN ORGANISASI
Remaja Masjid yang maju, modern dan memiliki kegiatan beraneka ragam serta mampu meningkatkan ketaqwaan anggotanya adalah merupakan organisasi kemasjidan yang sangat diharapkan. Namun, untuk mencapai hal tersebut butuh waktu dan perjuangan yang panjang. Ada tiga fase dalam tahap perkembangan organisasi ini, yaitu: fase penumbuhan, pembinaan dan pengembangan organisasi. Untuk menuju organisasi Remaja Masjid yang maju diperlukan kerja keras dan kinerja yang profesional para Pengurusnya.

MANAGEMENT REMAJA MASJID
Organisasi dan management bagaikan tubuh dengan jiwanya. Keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, karena di dalam usaha pencapaian tujuan organisasi yang bersifat statis harus digerakkan oleh sesuatu yang dinamis yang disebut dengan menagement. Management adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) dengan memanfaatkan ilmu dan seni dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Planning adalah proses pemikiran dan pengaturan yang matang untuk masa akan datang dengan menentukan kegiatan-kegiatannya. Organizing merupakan pengaturan segala perangkat dan sumber daya sedemikian rupa sehingga merupakan satu kesatuan organisasi yang harmonis dan dikelola untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Actuating bermakna tindakan Pengurus dan anggota dalam rangkaian kegiatan untuk menjalankan roda organisasi Remaja Masjid dalam rangka mencapai tujuan. Controlling merupakan tindakan mengawasi, mengarahkan dan mengatur pelaksanaan kegiatan Remaja Masjid agar sesuai dengan program dan tujuan yang telah ditetapkan.
Management juga diartikan sebagai pimpinan lembaga / perusahaan. Sehingga kita dapat mengenal tingkat-tingkat (level) management yang biasa disebut dengan pimpinan tingkat atas (Top Managemen), pimpinan tingkat menengah (Middle Management), pimpinan tingkat bawah (Lower Management).
Management sebagai aktivitas manusia sudah ada sejak lama atau dapat dikatakan bahwa semenjak suatu usaha dikerjakan oleh lebih dari satu orang kita sudah dapati suatu macam management. Management tersebut sifatnya sangat sederhana dan bekerja menurut tradisi. Pada awal abad ke-dua puluh F.W. Taylor dan H. Fayol mengembangkan management sebagai ilmu, sehingga mereka dikenal sebagai pelopor dalam ilmu management. Selanjutnya ilmu management maupun penerapannya semakin berkembang sampai sekarang.

PERAN MANAGEMENT DALAM MENCAPAI TUJUAN
Organisasi adalah wadah serta proses kerja sama sejumlah manusia yang terikat dalam hubungan formal dalam rangkaian hirarki untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Organisasi bukanlah tujuan tetapi alat untuk mencapai tujuan. Sebagai bagian dari administrasi, organisasi adalah merupakan wadah dimana kegiatan management dijalankan. Karena itu tujuan dari organisasi adalah juga merupakan tujuan management.
Dalam usaha mencapai tujuan Remaja Masjid, management memiliki peran agar proses pencapaian tujuan tersebut dapat berlangsung secara efektif (berdaya guna) dan efisien (berhasil guna). Dengan menerapkan prinsip-prinsip management seperti planning, organizing, actuating, controlling dan lain sebagainya tujuan organisasi dapat diupayakan untuk dicapai dengan lebih baik.
Management memberi efektifitas dan efisiensi kerja yang lebih baik bagi Pengurus Remaja Masjid dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam mencapai tujuan tersebut, management memanfaatkan sumber daya yang tersedia atau berpotensi. Adapun sumber daya management (management resources) Remaja Masjid antara lain: Akhlak (morale), orang (man), mesin (machine), material (material), metode (method), uang (money), waktu (time), sasaran da'wah (market) dan lain sebagainya. 

Jumlah Selisih Sudut Trigonometri


Gambar diatas, kita sebut sebagai BATU BATERAI, lihat ada tanda positif negatif, diibaratkan kutub positif dan negatif, dari gambar diatas ada sebanyak delapan rumus jumlah dan selisih trigonometri yang dapat diturunkan. Berikut penjelasan cara menggunakan “BATU BATERAI” diatas:

Penjelasan dari BATU BATERAI kiri ke BATU BATERAI kanan,

LIHAT TANDA 1/2(+) dan 1/2(-) pada gambar BATU BATERAI kanan
C + C à 2.C.C  ,artinya    Cos A + Cos B = 2.Cos 1/2(A+B). Cos 1/2(A-B)
C – C  à -2.S.S  ,artinya   Cos A - Cos B  = -2.Sin 1/2(A+B). Sin 1/2(A-B)
S + S  à 2.S.C   ,artinya    Sin A + Sin B    = 2.Sin 1/2(A+B). Cos 1/2(A-B)
S – S  à 2.C.S   ,artinya    Sin A - Sin B    = 2.Cos 1/2(A+B). Sin 1/2(A-B)

Penjelasan dari BATU BATERAI kanan ke BATU BATERAI kiri,
LIHAT TANDA (+) dan (-) pada gambar BATU BATERAI kiri
C + C ß 2.C.C  ,artinya   2. Cos A. Cos B = Cos (A+B) + Cos (A-B)
Cos A. Cos B = 1/2 [Cos (A+B) + Cos (A-B)]
C – C ß -2.S.S  ,artinya   -2. Sin A. Sin B = Cos (A+B) - Cos (A-B)
Sin A. Sin B = -1/2 [Cos (A+B) - Cos (A-B)]
S + S ß 2.S.C  ,artinya   2. Sin A. Cos B = Sin (A+B) + Sin (A-B)
Sin A. Cos B = 1/2 [Sin (A+B) + Sin (A-B)]
S – S ß 2.C.S  ,artinya   2. Cos A. Sin B = Sin (A+B) - Sin (A-B)
Cos A. Sin B = 1/2 [Sin (A+B) - Sin (A-B)]

Rumus diatas juga bisa dibuat jembatan keledainya,
C + C  dibaca [Dua Cowok Bersama]  <=====> 2.C.C dibaca [Di (2) Cuekin Cewek]
C – C dibaca [Dua Cowok Berselisih] <=====> -2.S.S dibaca [Min Di(2) SiSihi]
S + S dibaca [Dua Sindikat Bersama] <=====> 2.S.C dibaca [Di(2) SiCat]
S – S dibaca [Dua Sindikat Berselisih] <====> 2.C.S dibaca [Di(2) Cuekin Saja]
Keterangan : kata “Di” artinya (2), ingat aja tumbuhan DIKOTIL, berkeping 2.

Sudut-sudut Istimewa Trigonometri


Menghafalkan sudut-sudut istimewa pada kuadran I (0˚, 30˚, 45˚, 60˚ dan 90˚) dengan menggunakan konsep kaidah TANGAN KIRI, perhatikan gambar berikut :
Cara menggunakannya:
              Perhatikan nilai pada pergelangan tangan (itu patokannya) à 1/2 akar (n) dan perhatikan nilai sudut untuk x = 0 , 30 , 45 , 60  dan 90  yang ditulis pada kuku, dimulai dari kuku jari kelingking        (x = 0 ) diibaratkan nol nilai yg kecil makanya ditulis di kelingking dan seterusnya hingga (x = 90 ) ditulis pada kuku ibujari yg diibaratkan nilai paling besar. Nilai n yang dipakai untuk sin x (berwarna hijau) dimulai n = 4 pada ibu jari terus hingga n = 0 pada kelingking, jadi penggunaanya, sebagai berikut:
n= 4 à sin 90  = 1/2.  = 1/2.(2) = 1
n= 3 à sin 60  = 1/2. = 1/2
n = 2 àsin 45  = 1/2. = 1/2
n = 1à sin 30  = 1/2.  =1/2
n = 0 àsin 0  = 1/2.  = 0
Nilai n yang dipakai untuk cos x (berwarna merah) dimulai n = 0 pada ibujari hingga n = 4 pada kelingking, untuk penggunaanya bisa anda cobakan sendiri sehingga nantinya kita bisa menyimpulkan sebagai berikut :
Untuk mendapatkan nilai tangen (tan) cukup kita bagi nilai sin dengan cos karena kita tahu bahwa , tan x = sin x / cos x  


Menghafal Rumus Trigonometri

Trigonometri
Pada pembelajaran trigonometri, terdapat beberapa rumus baku yang harus dipahami dan dihafalkan siswa. Kadang kala siswa perlu menghapal rumus terlebih dahulu guna membiasakan teknik baru. Setelah memenuhi kompetensi minimal, baru bisa leluasa mendalami konsep. Dengan memahami konsep dan menurunkan rumus terlebih dahulu, pemahaman kita menjadi lebih kental sehingga rumus bisa dengan mudah melekat dalam diri. Dilain pihak jika soal lebih divariasikan lagi tidak akan terlalu masalah.

Kamis, 19 Juli 2012

Uji Kompetensi Guru


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP-PMP) Kemdikbud, mulai 30 Juli 2012 akan melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) bersertifikasi sebanyak 1.020.000 guru di seluruh Indonesia. UKG akan berlangsung secara online serempak di seluruh Indonesia. Pelaksanaan UKG akan dibagi dalam 3 tahap. Tahap Pertama akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli s.d 4 Agustus 2012, Tahap Kedua akan dilaksanakan tanggal 7 s.d 11 Agustus 2012. Tahap pertama dan tahap kedua diperuntukan untuk guru TK, SD, SMP,SMA, SMK dan SLB. Sedangkan tahap ketiga diperuntukan untuk kepala sekolah dan pengawas.

Rabu, 18 Juli 2012

Kalender Akademik 2012/2013

Banyak yang bingung mencari kalender akademik 2012/2013. Untuk membantu teman-teman Guru sekalian yang membutuhkan kalender akademik 2012/2013, dapat mengunduhnya disini. ini adalah kalender akademik SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik yang dibuat Oleh Guru saya sekaligus  senior saya di SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik.

Minggu, 15 Juli 2012

Deskripsi Matematika

deskripsi matematika
Matematika sering dideskripsikan dengan cara yang berbeda-beda tergantung dari sudut pandang mana yang dipakai. Berikut ini beberapa deskripsi matematika yang sering dipergunakan.

1.      Matematika sebagai struktur yang terorganisir.
Agak berbeda dengan ilmu dan pengetahuan yang lain, matematika merupakan suatu bangunan struktur yang terorganisir. Sebagai sebuah struktur, ia terdiri dari beberapa komponen yang antara lain meliputi aksioma/postulat, pengertian pangkal/primitif, dan dalil/teorema (termasuk di dalamnya lemma (teorema pengantar/kecil) dan corollary/sifat).

Jumat, 13 Juli 2012

Download Aplikasi Bel Sekolah Otomatis

bel sekolah
Seiring dengan kemajuan zaman sehingga hampir semuanya yang manual dibuat menjadi terkomputerisasi. Dengan adanya sistem komputerisasi ini membuat pengguna lebih mudah dalam menyelesaikan segala permasalahannya. Dalam kegiatan belajar mengajar disekolah pihak penjaga sekolah/guru piket disibukkan dengan aktifitas membunyikan bel di Sekolah saat jam masuk sekolah, ganti pelajaran, istirahat serta pulang sekolah yang mungkin setiap hari lebih dari 5x.

Matematika, Produk atau Proses..?

Matematika itu produk. Ia adalah produk dari pemikiran intelektual manusia. Pemikiran intelektual itu bisa didorong dari persoalan pemikiran belaka maupun dari persoalan yang menyangkut kehidupan nyata sehari-hari.

Matematika..! ilmu atau bukan..?

apa itu matematika
Kebanyakan ahli sepakat bahwa suatu pengetahuan disebut ilmu apabila lahir dari suatu kegiatan ilmiah. Kegiatan ilmiah bertumpu pada metode ilmiah, yang langkah-langkah utamanya membuat hipotesis, mengumpulkan data, melakukan percobaan (untuk menguji hipotesis), dan membuat kesimpulan. Apabila kita berketetapan suatu ilmu harus lahir dari metode ilmiah, maka matematika bukanlah ilmu.

Matematika merupakan buah pikir manusia yang kebenarannya bersifat umum (deduktif). Kebenarannya tidak bergantung pada metode ilmiah yang mengandung proses induktif. Kebenaran matematika pada dasarnya bersifat koheren. Seperti yang dikenal dalam dunia ilmu, terdapat tiga macam jenis kebenaran: (1) kebenaran koherensi atau konsistensi, yaitu kebenaran yang didasarkan pada kebenaran-kebenaran yang telah diterima sebelumnya, (2) kebenaran korelasional, yaitu kebenaran yang didasarkan pada “kecocokan” dengan realitas atau kenyataan yang ada, serta (3) kebenaran pragmatis, yaitu kebenaran yang didasarkan atas manfaat atau kegunaannya.

Download Raport TPA/TPQ

raport TPA
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia Buku raport adalah buku yang berisi keterangan mengenai nilai kepandaian dan prestasi belajar murid di sekolah, yang biasanya dipakai sebagai laporan guru kepada orang tua siswa atau wali murid. (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa: 1988)

Kamis, 12 Juli 2012

Download Jadwal Imsakiyah Bandar Lampung

jadwal imsakiyah
Umat Islam kini kembali menjalankan ibadah puasa Ramadan. Bulan yang oleh Allah subhanahu wata'ala dihimpun di dalamnya rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan), dan itqun minan naar (terselamatkan dari api neraka). Bulan Ramadan juga disebut dengan "shahrul Qur'an", bulan diturunkannya al-Qur'an yang merupakan lentera hidayah ketuhanan yang sangat dibutuhkan umat manusia dalam membedakan mana yang baik dan mana yang buruk serta mana jalan yang benar dan mana jalan yang sesat.

Minggu, 08 Juli 2012

Motivasi Belajar

motivasi belajar
A.      Pengertian Motivasi
Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Seberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan terhadap kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja maupun dalam kehidupan lainnya.

Beberapa Teori Belajar

teori belajar
Belajar adalah suatu aktifitas atau kegiatan dimana terdapat sebuah proses dan tahapan dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan kegiatan tersebut. Belajar adalah merupakan proses perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku atau pemikiran sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar adalah dampak darui adanya interaksi antara rangsangan dan tanggapan. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Berikut adalah beberapa tokoh tentang teori belajar:

GURU (DIGUGU DAN DITIRU)

digugu dan ditiru
Tulisan Bebas oleh: Daris (tanpa editing)

Di kalangan guru yang saat ini santer adalah Guru Sertipikasi dari awal diluncurkannya Program Sertipikasi banyak guru yang datangnya dari swasta atau dari PNS,yang mencari dan mendapatkan Gelar tanpa titel itu,Tak heran kalau mereka berupaya semaksimal mungkin untuk mencari syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh para pemegang keputusan di dunia pendidikan agar dapat lolos menuju ke jenjang sertipikasi.saat ini dilihat dari usia, masa kerja untuk jenjang pendidiklan nampaknya duduk diurutan setelah nomor satu.Dan pendataan sehingga muncul daftar nama nominasi  Bakal Calon PLPG yang sebelunya dilakukan Uji kompetensi tahap pertama.

Sabtu, 07 Juli 2012

Quantum Learning

1.   Pengertian Quantum Learning
Quantum learning merupakan belajar dengan menyadari manfaat sehingga termotivasi mendayagunakan potensi diri untuk keberhasilan belajar. Dalam quantum learning, disamping mengembangkan nilai-nilai dan keyakinan, juga ada prasyarat yang harus terpenuhi yakni lingkungan yang menggembirakan dan suasana yang nyaman.

Quantum Teaching

Pengertian 
Quantum adalah interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya, teaching adalah mengajar. Dengan demikian quantum teaching merupakan suatu cara pengubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan sekitar momen belajar. Interaksi-interaksi itu mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Interaksi-interaksi itu mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang akan bermanfaat bagi mereka sendiri dan orang lain.(Bobbi DePorter, 2001:5)

Jumat, 06 Juli 2012

TEORI BELAJAR QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING


              Teori belajar quantum teaching dan quantum learning itu lebih mengacu pada teori belajar humanistik. Psikologi humanistik adalah suatu aliran psikologi yang lebih dekat kepada psikologi kognitif daripada behavioristik. Gerakan munculnya psikologi humanistik disebabkan oleh semacam kesadaran bersama yang beranggapan bahwa pada dasarnya tidak ada teori psikologi yang berkemampuan menjelaskan manusia, sebagai suatu totalitas dan yang sewajarnya mengfungsikan manusia.

Kamis, 05 Juli 2012

Problem Solving


Menurut Ruseffendi (1980: 148) “Matematika terdiri dari 4 wawasan yang luas ialah : aritmatika, aljabar, geometri, dan analisa ( analyses).”
Menurut Oemar Hamalik (1983:12) menyatakan “metode Problem Solving  merupakan suatu proses belajar mengajar yang titik beratnya diletakkan pada terpecahnya suatu masalah secara rasional logis dan benar serta diharapkan dapat melatih anak didik untuk memecahkan masalah yang timbul”..
Pemecahan masalah (Problem Solving) menurut Syaiful Bahri (1995:103) menyatakan bahwa bukan hanya sekadar mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lain yang dimulai dengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan.